Sabtu, 11 Januari 2014

Mengunjungi Pantai Pasir Putih : Pantai Pok Tunggal

Halo.. setelah satu hari absen gak nulis, hari ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya mengunjungi salah satu pantai paling well di gunung kidul.. Namanya adalah Pantai Pok Tunggal.. saya cukup antusias dengan tour ini karena setelah saya browsing di mbah google, pantai pok tunggal terlihat well sekali.. dan yang paling membuat saya penasaran adalah adanya 1 pohon yang apabila di cari di mbah google dengan keyword ‘pantai pok tunggal’ pasti akan kelihatan.

Tour ke Pantai Pok Tunggal ini dilakukan oleh 8 orang termasuk saya.. Semuanya adalah teman2 di kelas kimia E UNY 2013.. Oke langsung saja kita mulai ceritanya.
Pada hari minggu 30 November 2013, ane bersama 7 teman ane yaitu : Ilham, Risanto, Shodiq, Ismu, Amel, Ismi, dan Bama akan mengunjungi Pantai Pok Tunggal. Tour ini telah direncanakan sejak 2 hari sebelumnya (kalo gak salah)..

Kami janjian kumpul di deksel (dekanat selatan) FMIPA UNY pukul 7.30 pagi.. Ya, namanya orang Indonesia, dengan jam karetnya akhirnya jam 8.30 baru mau berangkat.. Setelah berdoa dan tidak lupa, foto-foto :p akhirnya kami pun berangkat meninggalkan kampus tercinta kami menuju pantai pok tunggal

Perjalanan berangkat

Kami berangkat menggunakan 4 sepeda motor. Pemberhentian pertama adalah ke POM bensin untuk memenuhi kuota bensin motor kami. Maklumlah perjalanan yang akan ditempuh akan sangat jauh. Setelah mengisi bensin akhirnya kami go wess.. Perjalanan yang dilalui cukup melelahkan dan dibarengi dengan panasnya terik matahari karena memang pada saat itu jam sudah tidak bersahabat lagi.

Sebelum memasuki Wonosari, kami menyempatkan untuk mampir di warung untuk membeli makanan, minuman, rokok pun ada.. selanjutnya adalah mendaki gunung kidul.. Jalanan menanjak menurun dan tikungan-tikungan tajam menjadi ‘makanan’ kami disana. Namun, perjalanan naik turun itu dibayar lunas dengan pemandangan indah yang tersaji di perjalanan.  Lama pendakian gunung kidul sangat panjang untuk bisa mencapai Pantai Pok Tunggal.

Ada saja cobaan kami ditengah jalan. Di daerah gunung kidul kami disambut oleh derasnya hujan yang cukup lebat.. Karena ada beberapa teman yang tidak membawa jas hujan, maka kami meneduh di sebuah warung yang saat itu sedang tutup. Kesempatan itu kami gunakan untuk beristirahat karena lelah dan ngantuk sudah menyerang selama perjalanan tadi. Tak lupa kami mengambil gambar di tempat itu untuk dokumentasi dan kenang-kenangan.

Setelah hujan reda, kami melanjutkan perjalanan. Tak lupa kami mampir ke sebuah warung pinggir jalan untuk membeli mantol dan sandal buat jaga-jaga nanti.
Setelah hampir 2 jam perjalanan kami lalui, akhirnya kami menemukan juga sebuah tanda panah bertuliskan “Pantai Pok Tunggal”.. Senang rasanya akhirnya bisa segera melihat pantai yang katanya masih belum terlalu terjamah orang wkwkwk.. dengan membayar retribusi yang cukup murah menurut saya (karena suka rela), akhirnya untuk 4 motor dibayarkan Rp12.000,- saja.

Ada pepatah mengatakan” bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian”.. Waktu itu benar-benar terjadi karena jalanan untuk menuju indahnya pantai pok tunggal benar-benar well.. batu-batu yang tajam dan terjal yang cukup jauh menghadang laju motor kami agar bisa ‘melambatkan’ laju motor kami seolah agar kami semakin penasaran dengan pantai di gunung kidul ini. Dan setelah melewati batu itu :p akhirnya sampailah kami di tempat tujuan.. yee

Di Pantai

Sesampainya dilaut.. kukabarkan semuanya.. (loh kok malah nyanyi :p).. sampai di pantai, kami mencari tempat untuk parkir. Kami memilih parkir di tempat yang paling dekat dengan pantai. Biaya parkir disana pun cukup murah, yaitu Rp2.000,- untuk satu motor. Hal pertama yang aku cari sesaat di pok tunggal adalah pohon di google hehehe.. dan akhirnya kami pun menemukan pohon tersebut.. :D

Maklum anak narsis jadi setiap tempat bisa jadi ajang foto-foto.. beruntung bersama kami ada ahli PDD yaitu Ismi yang dengan suka dan rela (mungkin) selalu siap menjadi fotografer dadakan disana :D.. satu demi satu foto di pohon itu.. dan jujur aku katakan pantai pok tunggal memang luar biasa banget.. Cuma sayang waktu itu udah siang bolong sehingga panasnya minta ampun hahaha..

Setelah puas foto-foto, kami mendekati pantai.. kami menyewa payung yang disewakan di pinggir pantai oleh masyarakat sekitar untuk mengamankan barang bawaan. Harga untuk kami waktu itu untuk 1 payung adalah Rp30.000,- tapi dengan penawaran yang alot wkwkwk akhirnya harganya jatuh jadi Rp20.000,- wkwkwk..

Sambil berteduh dan makan-makan bekal bawaan kami, tidak lupa foto-foto lagi... setelah puas makan, akhirnya kami ganti baju ‘renang’ dan go pantai!!... pertama kami mengenali tekstur pantai tersebut.. hasil analisis kami ( :p ) dapat disimpulkan bahwa pantai pok tunggal bagus bangeett.. pasirnya yang putih dan halus serta lautnya yang bersih benar-benar merefresh pikiran yang lagi galau mikirin laporan haha..

Setelah itu adalah sesi yang paling ditunggu-tunggu yaitu mandi di laut!! Haha.. duduk di atas air tenang dan menunggu ombak datang benar benar hal yang menarik.. sejenak melupakan status kami sebagai mahasiswa kimia, kami ‘berubah’ jadi anak-anak yang gak pernah lihat pantai selama 50 tahun (lebay) dan akhirnya bisa melihat pantai..

Setelah cukup lelah, akhirnya mandi membersihkan badan di kamar mandi yang sudah tersedia disana, dan akhirnya kami meninggalkan pantai pok tunggal.. sedihh :D

Perjalanan Pulang

Nggak ada yang spesial dengan perjalanan pulang waktu itu sebab jalan yang dilewati ya jalan yang tadi udah dilewatin waktu berangkat.. haha..

Karena perut lapar dan badan lelah, akhirnya kami mampir di sebuah warung padang di gunkid.. makanan yang tersedia merupakan makanan khas padang (ya iyalah namanya juga warung padang).. aku mengambil  nasi dan lauknya lele 2 buah hahaha.. kami semua menyantap makanan dengan lahap karena memang udah laper bangeett..

Akhirnya kami melanjutkan perjalanan pulang ke kampus dan ke rumah masing-masing.. perjalanan hari itu meskipun sangat melelahkan namun merupakan perjalanan yang sangat berkesan buat kami.. Well thank you for my best friend...

dan bagi anda yang belum pernah mengunjungi pantai pok tunggal disarankan buat menjadikan pantai pok tunggal sebagai alternatif tempat wisata buat mengisi liburan anda..