Senin, 20 Januari 2014

Memilih jadi Kupu atau Kura




Selamat pagi kawan.. Pagi yang cerah untuk kembali memulai semangat baru hari ini.. Untuk mengawali hari yang bagus ini, saya ingin berbagi sedikit hal yang gak penting mungkin :p haha.. Tapi gak ada salahnya untuk berbagi karena semua hal didunia ini pasti ada manfaatnya :)

Tema hari ini merupakan tema yang cukup akrab dengan kita, dan hampir setiap saat kita temui terutama saat menjelang ospek.. Temanya adalah 'memilih jadi kupu atau kura'...

Ketika saya ospek dulu, hampir di setiap kegiatan pra ospek selalu ditekankan agar jangan menjadi mahasiswa kupu.. Saya cukup bingung dengan istilah ini hahaha.. apaan tuh mahasiswa kupu -_-

Mahasiswa kupu merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kalau kegiatan mahasiswa itu dikampus hanya KUliah dan PUlang... Intinya kegiatan kampus hanya kuliah saja tanpa ada kegiatan lain..

Lawan dari mahasiswa kupu adalah mahasiswa kura (kuliah rapat) :p hahahaha.. Serius.. Tipe mahasiswa kurap ini boleh dibilang tipe mahasiswa sibuk yang di kampus kegiatannya selain kuliah juga mikirin organisasi..

Dari masing-masing tipe tersebut, terdapat kelebihan dan kekurangannya..

Keuntungan Bagi mahasiswa kupu, mungkin dengan tidak mengikuti organisasi memberinya waktu yang lebih longgar daripada mahasiswa kura :) sehingga bisa lebih memaksimalkan waktunya untuk belajar dirumah.. Beban pikiran pun lebih ringan karena fokus pikiran hanya untuk kuliah saja..

Kekurangan bagi mahasiswa kupu, mereka tidak dapat belajar ilmu mengenai ilmu organisasi atau juga soft skill.. Ilmu yang diperoleh didalam kelas hanya sebatas ilmu teoritis yang digunakan untuk saat ujian saja.. Namun untuk ilmu yang aplikatif langsung di dunia sosial sangat minimal diperoleh didalam kelas..

Bagi mahasiswa kura, keuntungan yang diperoleh, mereka disamping belajar ilmu teori mereka juga belajar ilmu aplikatif/soft skill yang mengasah baik moral maupun mental mereka sehingga lebih siap terjun ke dunia sosial..

Kekurangannya karena baik waktu, pikiran, dan tenaga terbagi-bagi sehingga apabila gagal mengatur waktu hanya akan membuat kita kelimpungan dan nggak bisa maksimal..

Pada dasarnya kalo kita mau menelaah lebih lanjut :p kuliah itu tujuannya adalah untuk belajar.. Dalam arti yang lebih luas, belajar yang dimaksud bukan hanya sekedar belajar di kelas seperti : Kalkulus, Fisika, Kimia, dkk :p ... ada beberapa ilmu yang perlu dipelajari yang mungkin tidak pernah diajarkan didalam kelas, dan bahkan ilmu ini sama pentingnya dengan ilmu 'kelas' tadi karena ilmu ini bersifat lebih membangun karakter dan mental bagi mahasiswa..

Tentu saja.. ilmu tentang pertanggung jawaban, ketulusan, komitmen, kepercayaan, dll akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa setelah kuliah nanti..

Tentunya para mahasiswa telah mengetahui tentang kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing tipe itu.. Pilihan ada ditangan kita bung :) .. Kita bisa berfikir mana yang lebih baik bagi kita menurut kita :p ... Ingat bung!! nggak ada satupun ilmu didunia ini yang nggak berguna-----

Asalkan bisa mengatur waktu secara maksimal, berusaha sungguh-sungguh dan memanfaatkan kesempatan yang ada, percaya kalau Tuhan tidak akan mengecewakan hambaNya..

Cukup sekian wassalam :)
1 komentar :

1 komentar :

Berkomentarlah yang baik dan benar :)